CERITA SURAT UNTUK INDONESIA - REKOR MURI (BALI, AGUSTUS 2010)

Labels:

"membaca telah menjadi seperti pembuka jalan bagiku
bahwa di luar sana ada dunia untuk ditaklukkan
selain ladang dan sapi-sapiku di bebukitan.
"
anak alam

TUJUAN:

Dalam rangka menggalakkan minat baca anak-anak di seluruh pelosok Bali, dengan dukungan dari kalian, donasi murni dari kawan-kawan anak alam dan sponsor-sponsor swasta, dalam rangka memberi sumbangsih kecil untuk negri secantik indonesia, bulan agustus nanti kami ingin membagikan puluhan ribu surat cerita (cerpen dalam amplop) ke seluruh anak-anak sekolah di Bali.

Maka dari itu, ini adalah sekaligus sebagai UNDANGAN buat kalian dan seluruh kawan-kawan anak alam untuk berpartisipasi dan menjadi bagian dari sumbangsih kecil untuk negri ini.

RINGKASAN:

Bro,… masih ingat kan? anak-anak di atas adalah anak-anak alam desa belandingan. Dan yang berdiri di perahu itu paling depan adalah kawan anak alam Imelda Naomi dari Jakarta. Ketika itu Imelda Naomi khusus ‘terbang’ dari Jakarta ke bali untuk membawakan anak-anak ini sekumpulan cerpen dalam selembar amplop, yang ingin ia bagikan kepada anak-anak alam di desa belandingan. Jumlahnya memang tak terlalu banyak saat itu. Tapi ibarat api, ia telah memantik bara kami.

Dalam 2 hari yang penuh suka-cita itu, ternyata CERITA SURAT kami itu tak hanya sampai di SDN Belandingan, namun telah sampai di SDN 4 sukawana yang sebelumnya tak ada dalam daftar kirim kami hari itu. Nah, ke-taksengajaan ini, dari sekolah kedua ini telah memantik semangat kami untuk mengirimkan cerita surat ini ke lebih banyak anak-anak, lebih banyak sekolah, hingga ke seluruh sekolah-sekolah di BALI, yang oleh Naomi telah dibagikan lewat pos dan kawan-kawan lain ke beberapa pelosok Indonesia (hingga ke Miangas).

CERITA SURAT UNTUK INDONESIA - REKOR MURI (BALI, AGUSTUS 2010)


Sesuai dengan tema Anak Alam 2010: “A Better Education for ALL!” maka pada bulan agustus nanti kami akan memulai menyebarkan program Cerita Surat Untuk Indonesia anak alam ini ke seluruh Bali. Tentu juga segera akan kami kirimkan ke seluruh Indonesia yang kemudian akan dibantu oleh kawan-kawan kita di seluruh Indonesia.

CERITA SURAT UNTUK INDONESIA adalah salah satu dari program Komunitas Anak Alam berupa sebuah kegiatan membagikan cerita pendek dalam amplop kepada anak-anak sekolah di seluruh Indonesia. Ini adalah sesuah siasat kami untuk membagi kegemaran membaca dengan biaya yang lebih kecil daripada pengumpulan buku. Dengan itu kami ingin kelak anak-anak di seluruh pelosok Indonesia setidaknya memiliki kesempatan membaca cerita yang barangkali jarang mereka bisa dapatkan.

Sudah barang tentu kami sangat membutuhkan partisipasi kawan-kawan anak alam untuk memberikan sumbangsih kecil seperti biasa. Partisipasi apa yang kalian bisa berikan?

  1. Kami mengundang kawan-kawan penulis cerpen / cerita mini / puisi untuk memberikan sumbangan tulisannya kepada kami untuk dikirimkan kepada anak-anak di seluruh bali. Kami membutuhkan cerpen / cerita mini / puisi genre anak-anak, remaja, dewasa untuk kami bagikan kepada seluruh SD, SMP, SMA di seluruh Bali. Jadi siapapun kalian, apapun genre cerita kalian, mari memberi ‘sumbangsih kecil untuk Negri secantik Indonesia ini melalui cerita. Tulisan kalian bisa dikirim melalui alamat email berikut: komunitasanakalam@yahoo.com. Jangan lupa cantumkan nama, serta sedikit saja biodata. :)


  2. Nah, ini adalah cara termudah untuk kalian berpastisipasi. Kami harus memfotocopy puluhan ribu cerpen untuk disebarkan ke seluruh sekolah di Bali. Maka dari itu, kami memberi kesempatan kepada semua kawan-kawan untuk membantu memfotocoy cerpen-cerpen ini, atau menyumbangkan amplop untuk membungkus cerpen-cerpen ini. Seperti yang sudah kalian tahu, komunitas anak alam selama ini bekerja karena adanya kawan-kawan anak alam. Maklum kita tak mau membertakan pemerintah untuk membantu biaya operasional. Pemerintah sudah berat bayar gaji PNS yang jumlahnya cukup banyak. Kami butuh ribuan cerpen untuk kami kirimkan, jadi berapapun yang anda bisa bantu kami untuk memfotocopy atau nge-print cerpen/cerita mini/puisi kami akan sangat kami apresiasi.


  3. Nah, yang ini sepertinya lebih mudah lagi. Mau menemani saya membagikan cerpen-cerpen ini ke sekolah-sekolah di seluruh Bali dan mengajari mereka menulis cerpen, puisi, cerita mini? Hayoo… Atau kawan-kawan juga bisa membagikan CERITA SURAT ini sendiri atau bersama kawan-kawan yang lain ke sekolah-sekolah yang dekat dengan rumah kalian. Jangan lupa bawa kamera agar kalian bisa foto-foto narsis :), dan tentu kabarkan kepada saya sehingga bisa saya publikasikan dan saya simpan dalam file dokumentasi anak alam. :)


  4. Jika anda: PERUSAHAAN dan ingin menyisipkan promo flier/brosur/informasi tentang produk anda di SURAT CERITA kami, silahkan kontak nomer-nomer di bawah untuk informasi lebih detail. Bayangkan coba, informasi produk anda dibaca puluhan ribu anak muda yang barangkali adalah target pasar produk/jasa perusahaan anda.

  5. Kalian juga bisa berbagi kesempatan kepada kawan-kawan lain untuk berpartisipasi dengan membagikan link note ini kepada kawan-kawan anak alam yang lain. Hingga kelak kita bisa tidur nyenyak, saat melihat anak-anak INDONESIA hingga di pelosok gemar membaca.


Salam anak Indonesia,
Salam anak alam


Pande putu setiawan
Komunitas Anak Alam
juni 2010

info:

pande/0817265028
web: http://www.anakalam.org/
blog: http://komunitasanakalam.blogspot.com/
email: komunitasanakalam@yahoo.com

No comments:

Post a Comment